pixel

Bagaimana memilih tutor untuk anak Anda

Apa yang harus dicari dari diri tutor dan bagaimana agar mendapatkan tutor terbaik
tutor les
sumber: www.parentdish.co.uk
Anda telah memutuskan mencari tutor untuk anak Anda. Bagi banyak orang tua, ini membutuhkan biaya yang cukup dan komitmen. Jadi bagaimana cara agar Anda mendapat yang terbaik dari les privat? Dan bagaimana agar mendapat tutor yang tepat?

Bagaimana memilih tutor
Ada tiga cara untuk menemukan tutor: dari mulut ke mulut, lembaga, dan iklan tutor sendiri.

Anda harus mencari seorang guru yang memiliki banyak pengalaman mengajar anak-anak seusia anak Anda. Rekomendasi patut diperhatikan, tapi apa yang sesuai untuk anak teman Anda belum tentu cocok untuk anak Anda.

Jika Anda memilih agen/lembaga, dan ingin mengajukan banyak pertanyaan. Yang paling penting adalah apakah guru memiliki kualifikasi yang tepat dan berpengalaman? Banyak lembaga melakukan rekrutmen guru, tanpa seleksi. Mereka kadang-kadang menawarkan guru pelajaran SMP untuk mata pelajaran SD, atau sebaliknya. Seorang guru geografi tidak akan banyak membantu, jika anak Anda masih butuh bimbingan membaca (reading).

Jika Anda menemukan tutor Anda secara mandiri, mereka harus memberi bukti kualifikasi mereka, referensi dari orang tua lain - idealnya kontak telepon - dan cek daftar riwayat pengalaman kerja. Tetapi di atas semua, gunakan insting Anda! Anda tidak akan meninggalkan anak di rumah, bersama orang asing, jika Anda tidak tahu apa-apa tentang mereka.

Berapa banyak yang harus Anda bayar?

Biaya dapat bervariasi tergantung di mana Anda tinggal. Sebagai panduan, seorang guru yang berkualifikasi harus dibayar setidaknya tarif per jam yang sama mereka akan mendapatkan di sekolah. Bagi para guru yang baru memenuhi syarat biaya per jam setidaknya Rp 45.000 hingga Rp 60.000 untuk pelajaran utama (pelajaran UNAS). Tetapi jika guru memiliki pengalaman pelatihan tambahan atau 30 tahun, Anda akan diharapkan untuk membayar lebih.

Anda membayar bukan hanya untuk waktu mereka dengan anak Anda, tetapi juga untuk waktu persiapan, buku yang mereka harus beli, media pembelajaran, waktu, dan bahan bakar jika mereka datang kepada Anda.
Cek Biaya Les Privat
Apa yang harus Anda tanyakan kepada calon tutor?

Kebanyakan tutor lebih dari senang untuk menjawab pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan. Jika tidak, alarm tanda bahaya harus berbunyi! Tanyakan kepada mereka tentang kualifikasi, pengalaman, dan biaya.

Apakah mereka membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR), apakah mereka membuat soal-soal tambahan? Mengklarifikasi apakah mereka akan bekerja sama dengan guru anak Anda jika perlu - melalui telepon atau secara tertulis - dan apa mereka mengharapkan pembayaran tambahan untuk ini. Jika anak Anda belajar di rumah guru, Anda harus yakin bahwa tempat itu cocok - bersih dan tenang.

Bagaimana membujuk anak Anda untuk les privat.

Beberapa anak mula-mula akan melompat kegirangan saat diminta les, tapi ini (mungkin) hanya untuk beberapa saat.  Akan sangat bagus, jika anak Anda sabar dan tekun. Ini berarti ia sangat menikmati dan membutuhkan les. Ada baiknya Anda menyarankan kepada anak Anda, bahwa mereka tidak perlu melakukannya jika mereka benar-benar benci itu setelah separuh jalan, dan sebagian besar akan menikmati pelajaran setelah mereka melihat manfaat. Suap (baca: hadiah) jangka pendek, mungkin dapat bekerja.

Bimbingan (les privat) sangat bersifat pribadi, meskipun: bisa ada bentrokan kepribadian (personality clash) jika anak Anda benar-benar tidak suka guru mereka. Yang terbaik jika ini terjadi adalah berhenti dan menemukan tutor yang lebih cocok.
les privat malang
76% siswa ikut les privat
sumber: Jawa Pos, Rabu, 7 Januari 2015


Bagaimana agar tidak menjadi orangtua yang dibenci tutor.

Tutor yang baik memiliki posisi tawar tinggi. Mereka dapat memilih siswa mana atau keluarga mana yang diajak kerja sama. Mengapa mereka harus bertempur dengan anak yang enggan belajar atau orangtua yang tidak kooperatif.

"Apa saja yang tutor benci dari orang tua? Pada dasarnya, tidak cukup berkomunikasi dengannya (atau terlalu banyak) dan menjadi hambatan."

Sebut saja Jo. Ia telah menjadi guru selama bertahun-tahun. "Yang penting adalah bahwa orang tua dapat diandalkan. Saya menyediakan waktu saya untuk mereka dan itu sebuah komitmen. Jika mereka sering membatalkan les karena anak mereka memiliki undangan pesta, atau mereka ingin pergi berbelanja setelah sekolah, atau mereka ada janji ke dokter -  yang dapat dibuat pada waktu lain - maka anak mereka mendapatkan pesan bahwa pelajaran mereka tidak penting".

Mengetahui seberapa banyak atau seberapa sedikit komunikasi dengan tutor Anda dapat menjadi kunci untuk kemajuan anak Anda. Stephanie telah memberikan les privat untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus selama lebih dari 10 tahun. "Orang tua harus terlibat. Beberapa orang tua hampir tidak berbincang-bincang dengan saya sebelum atau sesudah les. Saya ingin membahas apa yang telah kami kerjakan dalam pelajaran dan apa pekerjaan rumah anak mereka. Dukungan di rumah masih penting dan ini berarti mengetahui apa yang kami kerjakan setiap minggu."

Jo mengatakan: "Saya menjelaskan kepada orang tua bahwa saya tersedia untuk ngobrol tentang kemajuan anak mereka." Tetapi yang perlu diketahui, memanggil saya pada Sabtu malam Minggu, atau setelah jam 21.00 pada hari kerja tidak dapat diterima.

"Orang tua harus sadar komitmen keluarga sendiri. Kadang-kadang aku telah mengajari 15 orang anak dalam seminggu. Jika semua orang tua tersebut menelepon saya untuk ngobrol maka saya tidak akan punya waktu untuk hal lain." Momok lain adalah orang tua yang ingin mendiskusikan kesulitan anak saat anak mereka mendengarkan. Jo mengatakan: "Saya merasa sangat sulit ketika orangtua bertanya bagaimana perkembangan anak mereka, ketika anak mendengarkan. Kadang-kadang, bagi remaja ini tidak dapat diterima. Kalau itu berita buruk, maka saya tidak ingin anak mereka mendengar apa yang saya sarankan. Mereka dapat memanggil saya dan kami membicarakannya secara rahasia."

Les benar-benar dapat membantu anak, tapi sangat bijaksana bila Anda memberikan beberapa pertimbangan cermat siapa yang Anda pilih sebagai tutor serta memantau kemajuan anak Anda untuk mendapatkan yang terbaik dari itu. 

Apakah tutor anak Anda membantu ataukah justru menambah terlalu banyak tekanan? Silahkan baca artikel sebelumnya di sini.
.......................................................................................
Segera hubungi kami di:
👉 081.357.972.228 (Telp/SMS/WhatsApp)
👉 085.646.317.671 (Telp/SMS/WhatsApp)
👉 081.334.626.059 (WhatsApp)
Kami akan senang menyapa Anda ðŸ˜ƒðŸ˜ƒðŸ˜ƒ